Tutorial Membuat Watermark / Trademark dengan CorelDRAW

Tutorial Membuat Watermark / Trademark dengan CorelDRAW

Tutorial Membuat Watermark / Trademark dengan CorelDRAW
Assalamualaikum sobat Osa. Senang sekali bisa kembali blogging pagi-pagi gini. Seperti biasanya suhu di kota Osa juga lumayan adeem banget.

Kembali pada judul postingan. Berbicara soal karya seni, semakin marak sekali plagiat sana sini yang membuat beberapa kreator sangat jengkel pada plagiat ini. Pada sebagian karya, para pekerja seni selalu memasang beberapa tulisan pada tengah-tengah karya mereka. Ini lah yang dinamakan dengan watermark.

Apa itu watermark?


Watermark adalah tanda air yang diletakkan pada satu gambar atau pada satu artikel (umumnya .pdf dan .docx) untuk menghindari penjiplakan, pengambilan hak cipta, pencurian karya dan sebagainya. Kenapa tanda air? Karena watermark memang berbentuk layaknya air dikarenakan warna dan bentuknya yang sedikit transparan dan agak timbul.

Perlukah adanya watermark?


Jawabannya 50 : 50. Sebagian ada yang menginginkannya, dan sebagian lagi ada yang ingin tanpa watermark. Menurut Osa, dengan makin maraknya plagiat, Osa lebih mengiyakan adanya watermark.

Lanjut pada tutorialnya. Ikuti langkah-langkahnya sesuai pada postingan Osa.

1. Buka CorelDRAW sobat.
2. Buat document baru dengan Ctrl + N

3. Tentukan gambar yang akan dipasang watermark. Dalam tutorial ini Osa ambil salah satu WPAP dari Bung Karno.

Tutorial watermark OSa

4. Buat logo sobat sendiri di corelDRAW. Untuk lebih simplenya, Osa lebih suka menggunakan typography biasa saja.

Tutorial watermark OSa

5. Pertama sebuah typo sesuka sobat Osa saja. Atau untuk contoh, sobat ikuti typo Osa. Osa menggunakan font Archery Black Rounded, bisa sobat searching di google.

6. Selanjutnya, posisi tulisan obiyshinichiart terseleksi. Tekan tombol “ + “ pada numerik keyboard. Maka akan menggandakan tulisan yang terseleksi tadi. Geser sedikit kebawah sehingga akan membentuk bayangan seperti gambar dibawah

Tutorial watermark OSa

7. Sampai disini sobat bisa mengedit agar tulisan tersebut seolah-olah timbul. Namun sebelum itu, sobat kembali ikuti tutorial Osa ini.

8.Agar saat transparansi nanti tulisan gelap obiyshinichiart tidak terlihat pada bagian terang tulisan obiyshinichiart, kita perlu melakukan TRIM. 

9. Untuk melakukan Trim, kita harus mengubah tulisan tadi menjadi curve. Karena kita tidak bisa melakukan Trim pada tulisan yang masih berupa Text. 

Cara mengubah Text menjadi Kurva (curve)


            Seleksi semua tulisan yang akan kita curve. Klik kanan pada Text tersebut dan pilih “Convert To Curves”, atau dengan menekan pada keyboard Ctrl + Q. Semua tulisan akan berubah jadi Kurva dan kita bisa melakukan Trim.

Cara Trim Tulisan “obiyshinichiart”


            Klik objek yang akan berperan menghapus bagian atas dari tulisan gelap. Prinsip Trim adalah menghapus sebagian objek. Contoh :.

Tutorial watermark OSa

Bisa dilihatkan apa yang menjadi pembedanya? Lalu bagaimana caranya?
Klik objek terang obiyshinichiart, tekan tombol shift pada keyboard. Masih posisi menekan tombol shift, selanjutnya sobat klik tulisan gelap obiyshinichiart yang sebelumnya dalam posisi seolah-olah membentuk bayangan, seperti gambar dibawah

Tutorial watermark OSa

Akan tampil pada menubar atas kotak merah. Pada kotak tersebut kita bisa melakukan weld, trim, intersect dan lainnya. Kita pilih yang trim. Hasilnya akan sepert pada #setelah trim.

Selanjutnya sobat atur transparansi pada masing-masing objek tulisan.


Tutorial watermark OSa


Untuk memperjelas lagi dan lebih menarik, sobat tambahkan lagi trim pada bagian atas tulisan. Misal hasil akhir Osa adalah seperti ini

Tutorial watermark OSa

Kalau sobat mengalami kesulitan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah.

Terima kasih dan Wassalam.
Selamat Ber-weekend

0 komentar untuk Tutorial Membuat Watermark / Trademark dengan CorelDRAW

Tuliskan yang ingin Anda cari dan tekan Enter untuk Mencari